Khasiat Brokoli untuk Kesehatan - SynerBiz - Solusi Kesehatan Keluarga Indonesia
Headlines News :
Home » , , » Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan

Written By djunthea on Jumat, 21 September 2012 | 23.30


Info Kesehatan | Sejuta Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli dan Khasiat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan - Brokoli merupakan nama tanaman sayuran yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh dan kesehatan manusia. Tanaman brokoli ini termasuk dalam suku kubis-kubisan. Bagian sayur brokoli yang sering dikonsumsi adalah adalah pada bagian kepala bunga yang warnanya hijau yang taertata rapat menyerupai cabang pohon dengan batang tebal. Ingin tahu mengenai manfaat dan khasiat Brokoli untuk kesehatan tubuh manusia?

Sebagai bahan makanan, sayur brokoli ini biasanya direbus atau kadang dikukus lebih dulu, Namau bisa juga dimakan dalam keadaan masih mentah. Cara yang paling baik ketika akan mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Maksudnya apa? Tujuan adalah agar semua vitamin serta nutrisi yang penting yanag terdapat di dalam brokoli tidak ikut hilang selama proses pemasakan. Apabila brokoli direbus akan menghilangkan sekitar kurang lebih 50 % asam folat yang terkandung di dalam brokoli. Tapi, seandainya ingin mengolah sayur brokoli dengan cara direbus, disarankan agar brokoli tidak direbus terlalu lama, sebaiknya tidak di rebus lebih dari 5 menit.

Khasiat Dan Manfaat Sayur Brokoli

• Tinggi kalsium
Kandungan kalsium pada 1 mangkuk brokoli yang direbus hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu. Selain kalsium, brokoli juga kaya vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada brokoli lebih tinggi dibanding kandungan vitamin C dalam satu buah jeruk. 

Asupan vitamin C yang pas jumlahnya, yaitu 90 mg per hari, bagi tubuh dan membantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi.

• Mencegah sembelit
Menyediakan brokoli secara teratur dalam makanan anak sehari-hari bisa membantu memperlancar pup anak sebab mengandung serat tinggi. Brokoli juga membuat anak terhindar dari gangguan pencernaan.

• Olah dengan tepat
Sebelum diolah, brokoli harus dibersihkan lebih dulu dengan cara dibilas dengan air, dan bukan direndam. Mengapa? Merendam brokoli bisa mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

• Cara simpan brokoli
Agar tahan lama, simpan dengan cara memasukkan brokoli dalam kantung plastik lalu simpan dalam lemari es. Jangan cuci brokoli jika akan menyimpannya karena kandungan air di dalamnya akan membuat brokoli cepat layu.

SourCe
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Smart Detox Synergy

Kami Ada di FaceBook

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SynerBiz - Solusi Kesehatan Keluarga Indonesia - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template